Surya Putra Sianipar: 'Sparta' di Pilwakot Medan


MEDAN, Suaraperjuangan.com - Gesit, muda, berwawasan dan religius. Ingin melakukan pembenahan sesuai visi. "Terwujudnya Kota Medan Hebat Berkawan dan Berkah" yang disingkat dengan HBB. Memang, sosok yang satu ini kurang familiar tapi dikenal dekat dengan rakyat. 

Dialah Dr Surya Putra Sianipar. Pria kelahiran Kota Sibolga, 23 November 1976, ini memiliki optimis maju di Pemilihan Walikota Medan periode 2024-2029 mendatang. Keseriusan suami dari Ziw Sion Tampubolon untuk bertarung di Pilwakot Medan terlihat saat dirinya mendaftarkan ke sejumlah partai politik. 

Seperti halnya ke PDI Perjuangan, Partai Demokrat, Nasdem, PSI, PKB dan lainnya. Memang tak mudah di pertarungan untuk merebut kursi Medan 1, namun Surya Putra Sianipar tak patah arang. Apalagi dia mendapat dukungan dari sejumlah organisasi serta warga Medan Tuntungan. 

"Yang namanya bertarung, saya sama sekali tak main-main. Harus serius dan punya target. Toh, kalau pun kalah nantinya atau tidak terpilih melalui jalur parpol, saya menganggap ini semua sudah digariskan Tuhan. Sebab kunci utama itu adalah kemauan, upaya dan doa," sebut Surya Putra Sianipar saat ditanya mengapa mau bertarung di Pilwakota Medan ini, kemarin. 

Pengusaha muda pemilik PT Milosti Oil, ini tak sertamerta pasrah dalam kontestasi. Semuanya telah diperhitungankan sebelumnya. Dan, kata dia, yang namanya mencoba, itu sama sekali tak ada salahnya. 

"Pun bukan artinya saya berpangku tangan atau pasrah. Apalagi selama ini sejumlah organisasi telah menasbihkan diri mendukung saya. Dan karena dukungan mereka pula saya mau untuk mengikuti kontestasi pesta demokrasi lima tahunan ini," tukas ayah dari Bella Salo dan Belinda Amirise ini. 

Pahit getirnya merintis suatu usaha, kata Surya Putra Sianipar, itu tak jauh beda dengan ikut serta di Pilwakot ini. Tak urung, pengusaha media seperti Media Gantari TV, Media online Trans Berita, Media online Gantari.co.id dan Media online Gantari pro, itu pun mengaku sudah cukup pengalaman untuk memajukan usaha. 

"Tapi itu kan sekelas membuka usaha, dan sekarang beda kelas kalau kita menjadi pemimpin rakyat. Untuk Medan saja, masyarakatnya sungguh beragam, banyak suku, agama dan lainnya. Walau saya juga banyak belajar manajemen dari usaha yang saya rintis sendiri. 

Makanya saya bilang untuk yang namanya bertarung itu sudah saya jalani, hanya kelasnya sekarang berbeda," lirih pria berkulit putih tersebut sambil tersenyum. 

Surya Putra Sianipar yang merupakan tokoh agama sekaligus pendeta pengurus Gereja Tuhan di Indonesia (GTDI) Medan, Langkat, Deli Serdang, ini mengaku telah mengembalikan sejumlah formulir pendaftaran ke parpol. Dia menganggap bahwa penerimaan parpol saat mendaftar dan memulangkan berkas formulir itu merupakan suatu kehormatan tersendiri baginya. 

"Pastinya saya telah melakukan langkah awal dengan mengambil formulir dan memulangkan ke parpol. Ini pertanda saya serius dalam Pilwakot Medan ini," tukasnya. 

Surya Putra Sianipar sendiri memiliki misi yakni Medan hebat, maju pendidikannya, maju kesehatannya, maju usahanya.  Maju insfratrukturnya, dan maju harapan hidupnya. Selain itu Medan berkawan, melakukan kerjasama, sama-sama bekerja keras. Membangun Kota Medan, kota milik bersama masyarakat melalui hubungan kesetiakawanan. 

Medan berkah, mewujudkan Kota Medan sebagai kota yang rukun, damai, aman dan tentram serta senang berdomisili berusaha (berbisnis) dan berinvestasi. 

Menanggapi pencalonan Surya Putra Sianipar, seorang pendukung Teuku Syafruddin menyatakan akan menyingsingkan legan dan berusaha semaksimal mungkin. 

"Saya sudah lama kenal dengan pak Surya Putra Sianipar. Dia adalah sosok yang loyal, serius, dan semua pekerjaan tak pernah main-main. Dan di mata dia agama itu semuanya sama, sehingga mudah diterima masyarakat," sebut Teuku Syafruddin. 

Teuku Syafruddin menegaskan timnya telah membentuk relawan di 21 kecamatan se-Kota Medan yang akan bekerja keras untuk Surya Putra Sianipar. 

"Masing-masing setiap kecamatan terdiri dari 300 organ relawan yang memiliki pusat pengaruh dengan latar belakang tokoh pemuda, masyarakat dan agama. 

Dan ini semuanya bukan atas instruksi pak Surya Putra Sianiapar, tapi atas kemauan dan kehendak relawan. Relawan ini juga akan dilantik secara serentak rencananya di Hotel Kanaya Medan dalam waktu dekat ini," bebernya. 

Jiwa berjibaku relawan Surya Putra Sianiapar ini pun diistilah Teuku Syafrudian bak pasukan Sparta di zaman Yunani Kuno. Pasalnya, kata Teuku Syafrudin, sejauh ini pihaknya bersama 300 organ relawan telah komit bertarung untuk Surya Putra Sianipar. 

"Pasukan Sparta itu kan pasukan berani, nekat, dan lainnya. Itu ada di masa Yunani Kuno. Makanya saya mengistilahkan kami selaku relawan pak Surya Putra Sianipar adalah pasukan Sparta. Dan pasukan Sparta itu adalah orang-orang khusus yang dilahirkan sebagai ksatria," ulasnya. 

Melihat dari literatur Surya Putra Sianipar, menurut Teuku Syafruddin, itu sudah sangat klop. Sebab Surya Putra Sianipar sudah banyak memiliki usaha, begitu juga karyawan. Dengan membina usaha dan karyawan, dipastikan Surya Putra Sianipar mampu memajukan serta meningkatkan kesejahteraan warga Medan. 

"Pola pikir pak Surya Putra Sianipar itu sangat maju. Pekerja keras, makanya sejak saya mendapat kabar bahwa pak Surya Putra Sianipar mendaftar ke parpol untuk posisi pemilihan Walikota Medan, saya langsung menemui. Ya, bersama organisasi yang saya pimpin langsung memberikan dukungan," ungkapnya sembari menambahkan Surya Putra Sianipar adalah petarung tak kenal lelah. 

Soal sosok Surya Putra Sianipar di kalangan ibu rumah tangga (IRT) juga diutarakan Siti. Selama tinggal di Kecamatan Medan Tuntungan, menurut Siti bahwa Surya Putra Sianipar telah banyak membantu warga. Jiwa sosial, rasa senasib sepenanggungan, dan tak memandang sebelah mata orang lain, itu salah satu keunggulan Surya Putra Sianipar apabila maju di Pilwakot Medan nantinya. 

"Pak Surya Putra Sianipar itu orangnya suka memberi masukan. Terutama kalangan UMKM, seperti saya ini yang cuma pedagang keliling. Pak Surya memberikan masukan dan saran bagaimana saya mampu bersaing dengan pelaku usaha lainnya. Ya, pastinya masukan itu bersaing secara positif. Makanya setelah saya tahu pak Surya Putra Sianipar maju di Pilwakot, saya bersama ibu-ibu di tempat saya tinggal tak sungkan memberi dukungan," imbuhnya. 

Yang jelas lagi, ulas Siti, majunya Surya Putra Sianipar di Pilwakot Medan akan menjadi persaingan bagi kontestan lainnya. Siti meyakini di kawasan Medan Tuntungan dan sebagian lainnya, telah menyatukan barisan satu suara kepada Surya Putra Sianipar. 

"Kalau saya lihat kita butuh sosok pak Surya Putra Sianipar memimpin Kota Medan mendatang. Walau saya cuma pedagang kecil dan ibu rumah tangga, tapi saya juga bisa merasakan betapa majunya Medan kalau dipimpin pak Surya Putra Sianipar," imbuh wanita jangkung ini. 

Nah, menanti pesta demokrasi 27 November 2024 ini, informasi diperoleh bahwa Surya Putra Sianipar kerap melakukan konsolidasi dengan kader parpol. Dia pun sering bersosialisasi dengan masyarakat, dan lainnya.

Sedikit mengulas tentang pasukan Sparta. Dalam sejarah, Sparta dikenal sebagai sebuah negara-kota kuat dengan tokoh-tokoh terkemuka yang namanya terdengar hingga saat ini. Di antara mereka, Raja Leonidas I adalah pemimpin Sparta yang paling dikenal.  

Meski hanya memerintah dalam waktu singkat, kurang dari 10 tahun, Leonidas Si Pemberani akan terus dikenal dengan kiprahnya dalam Pertempuran Thermophylae yang melegenda dan terus diceritakan selama ratusan tahun. 

Pada pertempuran terakhirnya itu, Leonidas memimpin 300 prajurit Sparta dan beberapa prajurit dari aliansi bangsa-bangsa Yunani lainnya bertahan di terusan sempit Thermophylae menghadapi ratusan ribu tentara Persia di bawah pimpinan Raja Xerxes I. 

Biodata 

NAMA: Dr Surya Putra Sianipar

Istri : Ziw Sion Tampubolon

Anak 1 : Bella salo

Anak 2 : Belinda Amarise

Tempat/Tgl Lahir : Sibolga, 23-11-1976

Alamat:  Perum Asoka Asri, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan 

Tuntungan, Kota Medan

Pekerjaan: 

-Pengusaha

- PT Milosti oil

- Media Gantari TV

- Media online Trans Berita

- Media online Gantari.co.id

- Media online Gantari pro

Status Sosial :

- Tokoh Agama/Pendeta pengurus Gereja Tuhan di Indonesia (GTDI) Medan, 

Langkat, Deli Serdang 

- Ketua umum  APTRINDO ( asosiasi pengusaha transportasi indonesia)

- Ketua Organisasi DPD Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Sumut.

- Ketua Umum Pusat  (GARNAS) Gabungan Relawan Nasional

- Ketua Umum (MEMBARA) Menang Merdeka Bersama Rakyat

Visi:

- Terwujudnya kota Medan hebat berkawan dan berkah (HBB)

Misi:

- Medan hebat, maju pendidikannya, maju kesehatannya, maju usahanya (bisnis), maju insfratrukturnya, dan maju Harapan hidupnys.

- Medan berkawan, melakukan kerjasama, sama sama bekerja keras membangun kota Medan, kota milik bersama masyarakat Medan melalui hubungan kesetia kawanan anak Medan. Ini Medan bung.

- Medan berkah , mewujudkan kota Medan sebagai kota yang rukun, Damai, aman dan tentram serta senang berdomisili berusaha (berbisnis) dan berinvestasi di kota Medan. 

Oragnisai: 

1. BARIGADE

2. JLN

3. RBM

4. RGN l

5. Patmacita

6. Garista

7. Perempuan Batak

8. Putri Jawa Sumatera 

9. Ganjarian Spartan

10. Progan

11. BNN Komoniti

12. MEMBARA

Posting Komentar

0 Komentar