Penimbunan Lahan Perumahan PT Royal Platinum Persada Jalan Terus, Ketua DPRD Medan Minta APH dan Pemko Bertindak Tegas


MEDAN, SUARAPERJUANGAN.COM
-Penutupan drainase dan rusaknya aspal Jalan Abdul Sani Muthalib akibat aktivitas penimbunan lahan dikelola PT Royal Platinum Persada (RPP) di Lingkungan 10 Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan yang belum ditindak dan masih berjalan meski telah ditinjau Tim Gabungan Pemko Medan Rabu 21 Februari 2024 lalu membuat ‘murka’ Legislator di Medan.

Tak tanggung-tanggung, Ketua DPRD Medan Hasyim SE meminta, Dinas SDABMBK, Satpol PP dan Aparat Penegak Hukum bertindak tegas 

 “Harusnya dinas terkait Pemko Medan lakukan tindakan tegas di lapangan sesuai perda dan peraturan yg berlaku, Bila perlu APH turun tangan,” tegas Hasyim SE, Rabu (28/2/2024) menanggapi wartawan via pesan WhatsApp nya.

Atas tinjauan Tim SDABMBK, Satpol PP Medan dan aparat Kelurahan Terjun ke lokasi, Ketua DPC PDIP Medan ini kembali meminta Pemko Medan tegas atas pelanggaran di lapangan.

“Klu blum ada izin dan melanggar perda ya seharusnya di lakukan tindakan tegas. Ya pemko hrs berani bertindak tegas atas dugaan tsb,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala UPT SDABMBK Medan Utara Kelana Sembiring, Selasa (27/2/2024) mengaku Tim nya dan Satpol PP Medan bersama aparatur Kelurahan Terjun telah meninjau lokasi. 

Dia mengaku, Tim Pemko Medan yang meninjau lokasi pada Rabu 21 Februari 2024 telah meminta manajemen PT RPP menyetop kegiatan dan harus melengkapi serta mengurus izin. 

“Sudah kita suruh berhenti dan tidak melakukan aktifitas agar membuat izin terlebih dahulu,” kata Kelana Sembiring sembari mengirim potongan video peninjauan Tim Gabungan Pemko Medan ke arena Penimbunan Lahan Perumahan PT RPP itu.

Kembali ke Hasyim SE, atas rencana Komisi 4 DPRD Medan akan menggelar Rapat Dengar Pendapat dengan PT RPP dan jajaran Lurah Terjun, Camat Medan Marelan dan instansi teknis di Pemko Medan, dikatakannya akan mengecek Nota Dinas yang diajukan Komisi 4 kepada Pimpinan Dewan. “Nanti kita cek ke staf,” jawabnya.

Atas adanya dugaan digunakannya ratusan truk urukan tanah dari lapangan Stadion Teladan guna menimbun lahan perumahan PT RPP yang diduga mendapat persetujuan pejabat di Dispora Medan, Hasyim SE meminta aparat hukum turun tangan. “Bila perlu APH turun tangan,” pungkas nya.

Belum diperoleh keterangan dari Pejabat Dispora Medan atas dugaan pengambilan tanah urukan dari Lapangan Stadion Teladan untuk penimbunan di Lahan Perumahan PT RPP. Para pejabat di dinas itu tak bisa dihubungi saat dikonfirmasi ke kantor nya, Rabu (28/2/2024).

Namun informasi yang dihimpun wartawan, sekitar 165 truk interkuler diangkut tanah urukan Stadion Teladan ke lokasi penimbunan lahan perumahan PT RPP di Medan Marelan.

Keterangan, Humas PT Wijaya Karya Proyek Renovasi Stadion Teladan Herman, disampaikan pembersihan lahan sebelum dikerjakan perusahaannya merupakan tanggungjawab Dispora Medan dan diakui Herman ada urukan tanah yang dibawa keluar area atas seizin pejabat Dispora Medan.

“Setahu saya seperti itu Pak (tanah urukan dibawa keluar,red). Sempat aparat setempat komplain karena jalan di sekitar Stadion Teladan komplain ke kami karena jalanan kotor karena tumpahan tanah. Saya sampaikan, itu bukan kewenangan kami,” ujar Herman , Senin (19/2/2024) diwawancarai media.

Keterangan juga diperoleh dari Surat Klarifikasi/ Bantahan Pemberitaan yang diterima redaksi, Minggu (25/2/2024) malam. Dalam surat itu, Supardi Ardi/ Ucok mengaku Sub Kontraktor Penimbunan Lahan Perumahan PT Royal Platinum Persada di point 6 membenarkan mengambil tanah urukan dari Stadion Teladan.

Berikut isi Point 6 dalam Surat Klarifikasi/ Bantahan Pemberitaan itu  : ‘Tentang material Tanah Timbun yang diambil dari Stadion Teladan sama sekali tidak merugikan negara, karena pengambilan Tanah Timbun dimaksud sebelumnya telah berkoordinasi dengan Dinas Pemuda Dan Olah Raga Kota Medan’. Tulisnya dalam surat Klarifikasi/ Bantahan Pemberitaan tanpa tanggal itu.

POLISI PROSES, JAKSA ANALISA

Satreskrim Polres Pelabuhan Belawan telah mengeluarkan Surat Perintah Penyelidikan atas dugaan Tak Memiliki Izin Lingkungan dalam ranah UU No. 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan, Pengelolaan Lingkungan Hidup  dan memeriksa asal tanah timbun dalam ranah UU No. 4 Tahun 2009 Tentang Penambangan Minerba.

Surat Perintah Penyelidikan itu khabarnya bernomor SP-Lidik/27/II/RES. 1.2/2024/Reskrim tanggal 3 Februari 2024 berdasarkan LP/R-LI 27/II/RES 1.2/2024/Reskrim tanggal 2 Februari 2024.

Kepada wartawan Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Janton Silaban, Senin (26/2/2024) mengaku, personilnya sedang memproses penyelidikan itu. “Masih berproses Agta saya masih ke riau dan bali,” jawabnya singkat.

Atas dugaan tanah urukan dari Stadion Teladan yang ditimbunkan ke Lahan Perumahan PT RPP, Kejati Sumut berjanji akan menganalisa masalah itu. 

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut melalui Kepala Seksi Penerangan dan Hukum (Kasi Penkum) Yosgernold Tarigan, Kejatisu akan menganalisa informasi adanya urukan tanah diduga milik negara yang ditimbunkan ke lokasi proyek perumahan swasta itu.

Disinggung kemungkinan ada tidaknya kerugian negara atas dilepas atau dialihkan tanah urukan dari Lapangan Stadion Teladan ke lahan milik swasta, Yosgernold Tarigan SH mengaku akan menganalisa masalah itu. 

“Terimakasih informasinya. Kita pelajari bahan informasi. Untuk dapat kita analisa,” kata jurubicara Kajati Sumut ini melalui pesan WhatsApp nya, Senin (26/2/2024).

PERINTAH HENTIKAN

Tanggapan juga diperoleh wartawan dari Kepala Dinas SDABMBK Medan. Melalui Kabid Drainase Gibson Panjaitan, instansi itu telah memerintahkan pengelola penimbunan lahan menghentikan kegiatan yang menutup drainase. “Ini sudah disuruh dihentikan bang,” jawab Gibson Panjaitan, Selasa (27/2/2024) via WhatsApp nya.

Dikatakannya, PT RPP harus mengurus rekomendasi penggunaan drainase nya dengan tidak menutup aliran parit dengan menggantikan memakai box culvert serta membersihkan parit agar air bisa mengalir.

“Mereka (Pekerja atau manajemen PT RPP,red) harus mengurus rekomendasi penggunaan drainase nya supaya bisa dilewati dengan mengganti ke box culvert dan harus membersihkan supaya air mengalir seperti semula,” jabar Gibson Panjaitan.

Beberapa waktu lalu, Ketua Komisi 4 DPRD Medan Haris Kelana Damanik meminta Pemko Medan dan aparat hukum melakukan tindakan jika terjadi pelanggaran yang dilakukan manajemen atau pekerja PT Royal Platinum Persada.

“Kalau perusahaan itu melanggar aturan dalam menutup drainase dan rusaknya jalan yang diprotes masyarakat, Pemko Medan dan APH harus melakukan tindakan jika terbukti melanggar,” kata Politisi Gerindra berdomisili Medan Marelan itu.

Ketua Partai Gerindra Medan Marelan ini mengaku telah mendengar adanya aksi warga dan protes warga atas retaknya rumah mereka, rusaknya aspal jalan dan ditutupnya drainase dan berjanji akan menyampaikan masalah itu ke Dinas SDABMBK Medan.

“Saya udah mendapat info protes warga. Akan saya teruskan ke Dinas SDABMBK Medan,” pungkasnya Politisi yang diperkirakan terpilih kembali menjadi Anggota Legislatif di Pemilu 14 Februari 2024 ini.

Haris Kelana Damanik mengaku akan menjadwalkan RDP atas masalah itu dan telah mengajukan Nota Dinas ke Ketua DPRD Medan guna disetujui pelaksanaannya. 

KLARIFIKASI DAN BANTAHAN PEMBERITAAN

Pada 25 Februari 2024, media menerima surat Klarifikasi/ Bantahan Pemberitaan dari mengaku Sub Kontraktor Penimbunan Lahan Perumahan PT Royal Platinum Persada.  Berikut Klarifikasi dan Bantahan Pemberitaan ini ditayangkan : 

Kepada Yth ;

Hal : Klarifikasi/Bantahan Pemberitaan

Di Media Online Poskotasumatera.com Berjudul :

“MAHALI Sumut Minta Pemko Medan dan Polisi Tindak

Manajeman PT Royal Platinum Persada Diduga Timbun Drainase

Dan Rusak Jalan Di Marelan”. 

Bersama ini, Kami Management PT Royal Platinum Persada melalui Sub Kontraktor Penimbunan Lokasi Perumahan menyampaikan Klarifikasi Dan Bantahan Pemberitaan yang di terbitkan oleh Media Online Poskotasumatera.com berjudul :

“MAHALI Sumut Minta Pemko Medan dan Polisi Tindak Manajeman PT Royal Platinum Persada Diduga Timbun Drainase Dan Rusak Jalan Di Marelan”. 

Adapun Klarifikasi dan Bamtahan Pemberitaan yang kami sampaikan adalah sebagai berikut : 

1. Bahwa semua yang dituangkan dalam Pemberitaan mengenai Dugaan Rusaknya Jalan Marelan dan Berdampak Banjir akibat ditutupnya Drainase dari aktifitas penimbunan perumahan sama sekali tidak benar. 

2. Sejauh ini, masyarakat sekitar lokasi Penimbunan untuk Rencana Pembangunan Perumahan yang berada di Abdul Sani Muthalib Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan Kota Medan, tidak merasa terganggu atas pelaksanaan atau pengerjaan Penimbunan dimaksud. 

3. Sebelumnya, semua hal mengenai aktifitas penimbunan dimaksud, pihak pengembang dalam hal ini Sub Kontraktor Penimbunan Lokasi Perumahan telah berkoordinasi dengan Pihak Kelurahan setempat.

 

4. Pihak Pengembang melalui Sub Kontraktor Penimbunan Perumahan, juga telah memberikan Konpensasi kepada masyarakat sekitar yang berada di Lokasi Penimbunan Perumahan.

5. Selanjutnya, mengenai segala sesuatu yang rusak naik, jalan maupun Drainase sertai lain sebagainya, akan diperbaiki seperti semula, setelah pengerjaan Penimbunan selesai.

 

6. Tentang material Tanah Timbun yang diambil dari Stadion Teladan sama sekali tidak merugikan negara, karena pengambilan Tanah Timbun dimaksud sebelumnya telah berkoordinasi dengan Dinas Pemuda Dan Olah Raga Kota Medan. 

7. Dalam Pemberitaan tersebut, pihak Media Online Poskotasumatera.com tidak melakukan konfirmasi kepada Pengembang PT Royal Platinum Persada, dalam hal ini Sub Kontraktor Penimbunan Lokasi Perumahan. 

Demikian Klarifikasi/Bantahan ini kami sampaikan, untuk dapat dimuat Pemberitaannya.


PT Royal Platinum Persada

Sub Kontraktor Penimbunan Lokasi Perumahan

(Ditandatangani) 

Suparno Ardi/Ucok (red)

Posting Komentar

0 Komentar