EKSPOR PERDANA TUNGKUL JAGUNG, PT PIL DITUNJUK HANDLE EKSPOR KE JEPANG

Medan , Suaraperjuangan.id -18 Oktober 2023_  PT. Prima Indonesia Logistik (PIL) sebagai anak perusahaan PT. Pelindo Solusi Logistik (SPSL) terus melakukan ekspansi bisnis untuk meningkatan revenue perusahaan dan sebagai upaya memperkuat pertumbuhan perekonomian Negara.  Kegiatan ekspansi bisnis ini salah satunya membangun kerjasama dengan PT Hokto Indonesia Materials (HIM) dengan melakukan ekspor perdana tungkul jagung ke Jepang pada (09/10) lalu. Ekspor perdana ini dikirim langsung dari Depo PT PIL yang berlokasi di Belawan dengan mengirimkan satu unit container berukuran 20 feet yang juga sebagai sampel cargo tungkul jagung ke Jepang oleh PT Hokto Indonesia Materials. 

Ekspor perdana ini dihadiri langsung oleh Direktur PT PIL Indra Pamulihan didampingi oleh Pegawai PT PIL lainnya dan juga dihadiri langsung oleh Perwakilan dari PT Hokto Indonesia Materials Takayuki Inokura dan Keisuke Matsushiro. 

Direktur PT PIL Indra Pamulihan mengatakan dengan dilakukannya kerjasama ekspor perdana ini harapannya dapat menjembatani kesenjangan kapasitas pengiriman, “Seluruh kegiatan kerjasama antara PT PIL dan PT HIM bertujuan untuk meningkatkan kinerja perdagangan dan daya saing ekspor Indonesia. Kami berharap ini akan memperkuat kapasitas dan kualitas dari PT PIL sendiri maupun UKM sebagai pelaku usaha dan ekspor serta dapat memanfaatkannya secara maksimal yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.” Jelas Indra (18/10).

Sebagai informasi, tungkul jagung kini menjadi primadona baru di pasar ekspor Sumatera Utara (Sumut). Komoditas yang sebelumnya dianggap limbah itu ternyata sangat diminati oleh pasar Internasional. Dan kerjasama antara PT PIL dan PT HIM dalam ekspor tungkul jagung ini diharapkan akan berkelanjutan, untuk itu PT PIL terus melakukan upaya untuk mengoptimalkan layanan logistik bagi para pelanggannya.

Tentang PT Prima Indonesia Logistik:

PT Prima Indonesia Logistik (PIL) yang juga dikenal sebagai PIL logistics merupakan anak perusahaan dari PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL). PT PIL didirikan dan mulai beroperasi pada 1 Januari 2015 dengan komposisi kepemilikan saham 99,67% oleh PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL).

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) adalah salah satu subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) pada klaster bisnis logistik dan hinterland development yang memiliki 6 Anak Perusahaan termasuk PT PIL.

Sejak Berdirinya pada tahun 2015, PT Prima Indonesia Logistik sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa Logistik yang tumbuh dan berkembang dalam lingkungan bisnis global. PT. Prima Indonesia Logistik senantiasa berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada Pengguna Jasa. Dengan menciptakan daya saing handal dalam pelayanan jasa yang prima dan berorientasi kepada pemuasan kebutuhan pengguna jasa. 

Hingga akhir tahun 2021, PT Prima Indonesia Logistik telah melakukan pengelolaan gudang secara mandiri dan telah mulai mengoperasikan bisnis Depo Petikemas di 2 lokasi yang berbeda, yaitu di Kuala Tanjung bekerja sama dengan PT Prima Multi Terminal dan di Dumai bekerja sama dengan Regional I yang masing-masing sebagai Pemilik lahan. 

Diawal September 2022 ini, PT Prima Indonesia Logistik telah merealisasikan masa uji coba pelayanan Kereta Api Petikemas rute Kuala Tanjung ke Sei Mangkei bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia, PT Sei Mangkei Nusantara Tiga dan PT Prima Multi Terminal. 

Pengembangan layanan lainnya yang masih dalam proses pelaksanaan adalah Pengelolaan Area Kepabeanan sebagai Tempat Penimbunan (TPS) Lapangan dan TPS Gudang.

Saat ini PT PIL mengoperasikan beberapa layanan antara lain Freight Forwarding (Domestik & Internasional), Customs Clearance, Stockpiling Field, Cargo Transportation, Warehousing & Distribution, Bongkar Muat Via Kereta Api di Stasiun PIL, dan Integrated Physical Checkpoint (samsul) 

Posting Komentar

0 Komentar