Terkait Viral Gaji Guru Yang Ditahan, Kepsek SMPN 15 Medan : "Masalahnya Sudah Selesai"

Medan, suaraperjuangan.id - Kepala sekolah SMPN 15 Medan Tiurmaida Situmeang saat di konfirmasi terkait viralnya pemberitaan maupun video yang menyeret namanya di beberapa media mengatakan kalau masalah itu sudah selesai. 

Saya terkejut melihat video maupun berita yang mencuat beberapa hari ini, sebab mengenai masalah gaji guru itu sudah selesai jauh sebelum berita maupun video itu beredar, kata Tiur pada konferensi pers di kafe Sobat Medan, Minggu (17/9/2023). 

Mengenai intimidasi itu, mungkin dengan kebijakan yang saya buat disekolah para guru merasa terganggu, wajar saya sebagai kepala sekolah memberikan peringatan kepada guru yang keluar dijam pelajaran tanpa permisi dengan saya. 

Bermula dari tanggal 30 Agustus 2023 sampai 2 September 2023, kepsek SMPN 15 Ijin tidak masuk kerja karena ada urusan keluarga. Pada Senin 4 September 2023 berhubung bendahara sekolah pindah tugas, 

Oleh karenanya ada delapan guru yang merasa kalau gajinya saya tahan, sementara saya sendiri juga belum gajian pada waktu itu. Pada tanggal 7 saya adakan rapat disekolah bahwa saya mohon maaf kepada guru - guru atas keterlambatan gaji bulan ini, atas ini saya juga mendapat surat peringatan dari dinas. 

Pada 8/9/2023 semua gaji guru SMPN 15 sudah keluar dan sudah masuk ke rekening masing - masing guru melalui bank Sumut, itu artinya sudah tidak ada lagi permasalahan tentang gaji guru yang belum dibayar. 

Tapi kenyataannya mengapa video yang berdurasi 1 menit 9 detik beredar setelah semuanya selesai, ucap Tiur lagi. 

Sementara Oka Zulfani Anhar Kabid yang mewakili Dinas Pendidikan dirinya mengaku heran mengenai video tersebut yang beredar beberapa hari ini. Sementara masalah yang diungkapkan para guru dalam video tersebut telah selesai sebelum video itu tersebar hingga menjadi viral di media sosial. 

Menurutnya, aduan tentang penundaan atau penahanan gaji para guru tersebut telah diterima Disdik tanggal 5/9/2023. Begitu menerima aduan Disdikbud Medan dengan cepat menanggapi dan melakukan mediasi antara guru dan kepala sekolah SMPN 15 Medan. 

Pada saat mediasi 7/9/2023 kami sudah perintahkan Kepsek SMPN 15 untuk segera menandatangani pencairan gaji para guru. Akhirnya hari itu juga Kepsek langsung menandatanganinya. Jadi masalahnya sudah selesai di hari itu juga, katanya. 

Hal itu dibenarkan oleh salah seorang guru Ahmad Haidir yang mewakili para guru bahwa pada tanggal 8/9/2023 kami sudah menerima gaji. Saya juga baru tau beberapa hari ini kalau video tersebut viral di medsos, katanya.(red) 

Posting Komentar

0 Komentar