Objek Yang Diduga Cagar Budaya (ODCB) Benteng Jepang di Muara Nibung

Tapteng, Suaraperjuangan.id - Benteng jepang sempat menjadi tempat penyimpanan senjata bagi armada Jepang di Era nya, dilihat dari posisinya benteng ini dibangun dan fungsikan sebagai benteng pertahanan  karena posisi yang tertimbun didalam tanah dan yang tampak hanya bagian atas berbentuk persegi enam.

Kalau kita lihat dari peta Google maps, Salah satu Benteng Jepang berada di  daerah kelurahan Muara Nibung, Kecamatan Pandan tepatnya di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan Sibolga-Tapteng (PC GEMP2 SIGATA) dan tim mengunjungi benteng peninggalan Jepang yang berada di Kelurahan Muara Nibung tersebut (Minggu 02/07/23).

Kegiatan dilakukan untuk meninjau langsung kondisi bangunan benteng Jepang bersejarah di muara nibung,  dengan menyusuri isi dalam benteng yang  banyaknya sampah plastik dan serpihan kaca.

"Tapanuli Tengah salah satu daerah yang banyak memiliki Benda-Benda Bersejarah, yang harus dijaga kelestariannya" ujar Ketua  PC GEMP2 SIGATA (Muhammad Adzan Alkhairi Chaniago).

Beliau mengedukasi untuk Pelajar, Mahasiswa dan Masyarakat untuk menjaga dan melestarikan barang bersejarah agar tetap terjaga.

Sesuai dengan ketetapan UU Nomor 11 tahun 2010 terkait Kriteria Cagar Budaya, benteng Jepang di muara Nibung sesuai dengan kriteria yang ada.

Kami dan tim melihat Objek yang Diduga Cagar Budaya tersebut berpotensi  dijadikan jika sebagai Cagar Budaya  Kabupaten Tapanuli Tengah, Maka kami meminta agar disegerakan untuk lebih diperhatikan PEMDA dan Dinas terkait. (SP/red)

Posting Komentar

0 Komentar