Rakor Pinbas Nasional Tanggal 4 - 6 Desember 2022 Makasar, Pinbas dan Dinamika Gerakan Ekonomi Berbasis Syariah

Medan,Suaraperjuangan.id - Bahwa pemberdayaan ekonomi berbasis syariah yg diperankan Pinbas diharapkan  berhasil  mendorong lahirnya ekosistem dunia usaha muslim yang berbasis syariah dengan pola pembinaan , pelatihan, pemberdayaan , manajemen , penciptaan sarana dan prasarana dan akses perkembangan teknologi terus dilakukan  dan kedua adalah menginterupsi  sejarah agar bangkit dan memiliki motivasi bisnis lebih kuat dengan kehadiran pusat Inkubasi syariah yg mendorong UMKM dan koperasi berproses  lebih terukur dan sukses dalam bisnis sekaligus Islami serta pembiayaan bisnis berbasis syariah. Gerakan ini   kemudian fokus pada langkah  produksi    yang diterima pasar dan berkualitas . 

 Sesungguhnya ini bukanlah hal baru namun pemberdayaan ekonomi ummat nampaknya masih perlu upaya kreatif dan kerja cerdas   agar menemukan penyelesaian yg memadai .

 Kita mulai dengan merekonstruksi beberapa hal namun kita menyesuaikan dengan kebutuhan pasar dan tidak terlalu meluas secara akademis namun sesuai dengan strategi besar kita bahwa kita akan membangun enterpreneur  yang sejak awal familiar dengan ekonomi syariah dalam konteks historical Islam yg berperadaban.

Secara umum prinsip kegiatan usaha pembiayaan syariah meliputi keadilan (adl), keseimbangan (tawazun), kemaslahatan (maslahah), universalisme (alamiyah), serta tidak mengandung ghahar,maisir,riba,zulm,risywah, dan objek haram lainnya .

Maka berikut kita lihat kondisi objektif  potensi  yg kita miliki dan kita lakukan  pendampingan yg  diproyeksikan menjadi multi  alternatif dan dikolaborasikan dengan potensi ummat Islam .

Ada sejumlah hal yg perlu penyatuan persepsi umat dan penguatan yg dilakukan yakni ;

1. Pembiayaan syariah adalah alternatif modal usaha terbaik UMKM .

2. Modal menjadi tidak prioritas ketika kita mampu menurunkan ide dalam konsep bisnis yang terangkum dalam bisnis plan yg terukur , sama ketika Abdurrahman justru memilih reseler dalam memulai usaha dagangnya.

3. Dinamika bisnis kini justru lebih berkembang , Modal beragam sumbernya ada modal sendiri, pihak perbankan  syariah , koperasi syariah (BMT), kerjasama Bisnis dalam bentuk bagi hasil usaha dengan modal bersama (musyarakah), wakaf produktif, hibah , skema kerjasama dan sejumlah sumber modal lainnya yang non riba.

4. Ketika seorang pemula   yg akan memulai usaha pertanyaan sering muncul modalnya dari mana bukan apa konsep bisnisnya dan apa keinginan pasar. Inilah tugas strategis Pinbas memberikan pencerahan untuk bisnis berbasis syariah yg berkemajuan .

5. Beragam alternatif permodalan dapat  menjadi sumber  bagi kegiatan dan aktivitas bisnis seorang khusus  enterpreneur muslim kedepan harus familiar dalam skema dan model pembiayaan berbasis syariah. Sebagai penduduk mayoritas muslim dunia Indonesia harus menjadi produsen terbesar dunia dalam bingkai ekonomi berbasis syariah.

6. Ada 3 sistem pembiayaan dalam ekonomi Islam yakni bagi hasil usaha ( Mudharabah), jual beli (Murabahah), dan sistem sewa (Ijarah)

7. Pada perkembangannya Pinbas begitu juga komisi Pemberdayaan ekonomi MUI sering diartikan dengan kadin Syariah .Sehingga kegiatannya meluas dan itu tidak dapat dihindari namun tetap berpedoman bahwa baik komisi ekonomi maupun Pinbas bukanlah entitas bisnis 

8.  Permodalan dalam bentuk Hibah harus di akses disemua tingkatan dan lembaga untuk bantuan permodalan UMKM berkelanjutan dan enterpreneur muslim harus merapikan administrasi dan profile kelembagaannya agar performennya meyakinkan .

9. Membangun bisnis dengan maksimal memanfaatkan pola kemitraan , akses dan jejaring yang dikuatkan utk kebangkitan ekonomi yang mencerahkan.

10.. Membangun kolaborasi dan sinergi dengan semua kekuatan ummat  untuk perkuatan permodalan dan pemasaran .Ini modal utama ummat terbesar karena corporasi dunia terus menggurita dan mengatur semua skema sosial ekonomi politik dunia tampa batas.Maka ummat harus memunculkan produk unggulan satu demi satu di luncurkan ke publik sebagai langkah awal kebangkitan ekonomi ummat melalui langkah produksi sebagai bagian dari jihad ekonomi umat .

Dibagian akhir inspirasi pengusaha muslim yg sahabat nabi ini adalah semangat berbisnis beriringan dengan semangat memberi sedekah ,infak dan bantuan sosial lainnya untuk ummat ,semoga kita terus mencari ruang untuk berguna bagi org lain , org yang berarti dalam hidup dan menarik untuk diceritakan .

Putrama Alkhairi (ketua Pinbas Sumut, Sekretaris Bidang ekonomi MUI Sumut). (Ardiman Koto)

Posting Komentar

0 Komentar