Bahrumsyah Sosialisasi Perda Terkait Kemiskinan Dan Kesehatan di Belawan

Medan,Suaraperjiangan.id - Pemko Medan diminta segera menanggulangi hak – hak warga miskin dan Jaminkan Kesehatan Warga melalui Program BPJS gratis.

Hal tersebut disampaikan oleh wakil , ketua DPRD KOTA Medan H.T. Bahrumsyah SH.MH,pada kegiatan Sosialisasi Perda No.5 Tahun 2015 Tentang Penanggulangan Kemiskinan dan Perda No.4 Tahun 2012 Tentang Sistem Kesehatan Kota Medan, Senin (17/1) di jln Bawal Kelurahan Belawan Bahagia dan Lorong Stasiun Kelurahan Belawan 1 Kecamatan Medan Belawan.

Di kelurahan Belawan Bahagia ,Wakil Ketua DPRD Kota Medan ini menyampaikan bahwa ada beberapa muatan dalam Perda Penanggulangan Kemiskinan yang menjadi catatan penting yang menjadi perhatian Pemko Medan yaitu, pada pasal 9 tentang hak hak warga Miskin yaitu, hak atas kebutuhan Pangan , hak atas pelayanan kesehatan, hak atas pelayanan pendidikan, hak atas perumahan, hak atas perkerjaan dan berusaha, hak atas air bersih, hak atas mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat,dan hak atas rasa aman dari perlakuan atau ancaman.

Penganggaran untuk merealisasikan program penanggulangan kemiskinan tersebut diatas di atur dalam pasal 10 ayat 2 bahwa Pemerintah Daerah wajib menyisihkan minimal 10 Persen dari Pendapatan Asli daerah.

Selanjutnya untuk melakukan pendataan warga miskin juga di atur dalam Perda ini yaitu pada pasal 6 ayat 3 yaitu “Pendataan ,Verifikasi dan atau Validasi data warga miskin, dilaksanakan setiap 2 tahun sekali.

Selanjutnya terkait PERDA Sistem kesehatan yang dilaksanakan di Lorong Stasiun kata Bahrum, menekankan agar Pemerintah Kota terus berkomitmen untuk melakukan program UHC yaitu mengasuransikan seluruh Penduduk Kota Medan menjadi Peserta JKN PBI pada APBD Kota Medan.

Masih banyak masyarakat tidak mampu yang belum memiliki JKN PBI APBD.

Demikian juga hal nya dengan sarana kesehatan, Wakil Ketua DPRD Kota Medan ini mengharapkan agar Rumah Sakit kelas 3 Medan Labuhan Agar segera dioperasionalkan mengingat masyarakat Medan Utara sudah sangat lama mendambakan RS Rumah sakit Milik Pemko tersebut dioperasikan.

Pada Kegiatan tersebut , banyak keluhan warga terkait bagaimana mendapat Bea Siswa Gratis , Bedah Rumah , BPJS Gratis dan berbagai persoalan yang berkaitan dengan kemiskinan dan kesehatan.

Menanggapi keluhan warga tersebut , T.Bahrumsyah yang juga sebagai Ketua DPD PAN Kota Medan ini berjanji akan membantu merealisasikan berbagai aspirasi yang ada, kedua kegiatan Sosper tersebut diakhiri dengan pemberian Cendra Mata dan Photo Bersama. (Syamsul b)

Posting Komentar

0 Komentar