Ikhyar Velayati Duga Penetapan Tersangka Jhonny G Plate Bernuansa Politik, Natalius Pigai : Wujud Nyata Pengorbanan Politisi Untuk Anies

MEDAN, SUARAPERJUANGAN.ID - Kordinator Forum Aktivis 98 Sumut Ikhyar Velayati menduga penetapan Sekjend DPP Nasdem Jhonny G Plate menjadi tersangka oleh Kejagung cerminan dari gagalnya Istana melobi Surya Paloh membatalkan pencapresan Anies. 

"Saya menduga penetapan Sekjend Nasdem Jhonny G Plate kental dengan nuansa politik, artinya proses lobi dan kompromi politik sudah buntu.Ketum Nasdem Surya Paloh tetap Keukeh untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Capres," Kata Ikhyar di Medan, Rabu (17/5/2023)

Ikhyar kemudian menjelaskan bagaimana usaha Istana untuk dalam melakukan melobi  Surya Paloh.

"Jika kita lihat ke belakang paska pencapresan Anies Baswedan oleh Nasdem, beberapa usaha dan lobi di lakukan untuk merayu Nasdem agar berubah pikiran, mulai dari ancaman reshuffle kabinet, sindiran jangan pilih presiden sembarangan pada HUT Golkar, kemudian Jokowi sengaja tidak menghadiri  HUT Nasdem, dan yang terbaru Jokowi tidak mengundang Surya Paloh pada pertemuan Ketum parpol di Istana Jakarta baru baru ini," jelasnya.

Ikhyar juga menambahkan, usaha usaha untuk merayu Nasdem juga dilakukan tercermin dari pertemuan  Luhut Binsar Panjaitan dengan Surya Paloh di luar negeri pada bulan Desember, pertemuan di Nasdem Tower dan terakhir pertemuan di wisma Nusantara pada bulan Mei.

Menurut Bung Ikhyar demikian akrab di sapa, materi pertemuan tersebut berisi pembahasan tentang koalisi dan capres. "Dalam pertemuan tersebut di akui oleh Surya Paloh dan LBP mereka membahas mulai dari koalisi sampai capres 2024, itu materi pembicaraan yang di sampaikan ke media tetapi saya menduga materi diskusi atau tujuan utama pertemuan tersebut adalah melobi agar Nasdem membatalkan pencapresan Anies Baswedan,"tuturnya.

Ikhyar mengkaitkan status tersangka Menkominfo oleh Kejagung merupakan genderang perang, bukan murni hukum semata. "Saya menduga justru status tersangka  Menkominfo Johnny Plate merupakan genderang perang dari Istana kepada Nasdem, setelah ini akan ada peristiwa dan kejutan kejutan lain kepada Nasdem dan juga partai pendukung koalisi perubahan PKS dan Demokrat," tegasnya.

PENGORBANAN POLITISI UNTUK PENCAPRESAN ANIES

Sementara, Nataluis Pigai dalam twet nya di akun Twitter @NataliusPigai2 mengomentari penetapan tersangka Jhonny G Plate sebagai pengorban politisi Katolik demi pencapresan Anies Baswedan.

“Jhonny Plate Korban & Mengorbankan diri demi Anies Baswedan Capres. Ini wujud nyata pengorbanan Politisi Katolik untuk Anies Baswedan,” twit Natalius Pigai yang juga mantan Komisiner Komnas HAM dalam akun Twitternya, Rabu (17/5/2023) usai penetapan Jhonny G Plate menjadi tersangka di Kejagung  RI.

Sebelumnya diberitakan Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek pembangunan menara BTS (Base Transceiver Station). Kini, Johnny G Plate ditahan.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan hari ini, setelah kami evaluasi, kami simpulkan telah terdapat cukup bukti yang bersangkutan diduga terlibat di dalam peristiwa tindak pidana korupsi proyek pembangunan infrastruktur BTS 4G paket 1,2,3,4 dan 5," ujar Direktur Penyidikan (Dirdik) Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung Kuntadi di Kejagung, Jaksel, Rabu (17/5/2023). (SP/Red)

Posting Komentar

0 Komentar