Selamat dan Sukses KTT G-20 Indonesia

Foto : Setya Kita Pancasila Provinsi Kepulauan Riau (Dok)

Tanjungpinang,Suaraperjuangan.id - Harapan terbesar dari seluruh masyarakat Indonesia ialah keberhasilah sebagai tuan rumah (presidensi G-20). Ada beberapa point penting sebagai bergaining position Indonesia pada perhelatan KTT G-20 : 

- Forum G-20 kiranya memberi dampak positif bagi manifestasi dan hilarisasi industri berbasis EBT serta memberi dampak positif bagi penguatan dan pertumbuhan industri energi dalam negeri.

- Forum G-20 kiranya memberi dampak positif atas jaminan ketersediaan Energi Baru Terbarukan (EBT), dan perlahan mengakhiri ketergantungan pada energi fosil, baik subsidi internal maupun ekspor LN, mengingat potensi SDA atas EBT sangat melimpah di Indonesia.

- Adanya perencanaan dan kalkulasi yang detail dan target waktu yang ditetapkan oleh Pemerintah untuk pencapaian rencana umum energi Nasional (REUN).

- Penyesuian regulasi naskah akademik dasar rancangan UU sebagai aturan dasar pijakan pengembangan EBT dalam dan luar negeri.

- Potensi besar EBT Indonesia antara lain : Energi Surya, Energi Air, Energi Angin, dan Energi Biomasa.

- Pemerintah harus mempertimbangkan pembentukan Badan Khusus Riset EBT yang Independen namun terkontrol di bawah pengawasan BRIN. 

Nilai Indonesia sebagai Presidensi G-20 dapat menjadi bergaining position untuk MOU dalam rangka manajemen pengelolaan potensi SDA dalam negeri dan dapat menjadi barometer investasi bagi para investor manca negara.

Presidensi G-20 dalam kaitannya dengan geo-strategis, geo politik dan ekonomi internasional :
1. Indonesia menyerukan perdamaian total dalam dalam upaya pemulihan situasi global dalam berbagai dimensi terutama penguatan ekonomi dunia dan keberpihakan pada negara-negara berkembang multi aspek.
2. Indonesia tak boleh masuk lebih jauh dalam ranah politik luar negeri sebab kita di batasi sekat atas keberpihakan dalam aturan politik luar negeri "BEBAS AKTIF". Indonesia harus berdiri tegak pada posisi netral.
3. Momentum KTT G-20 dimanfaatkan sebaik mungkin dalam upaya menarik investor dalam berbagai segi. Utamanya pada bidang perekonomian, riset dan teknologi dan lainnya.
4. Terciptanya situasi kambtibmas yang kondusif oleh pihak terkait dan seluruh masyarakat Indonesia, secara khusus masyarakat di Bali guna menyukseskan terselenggaranya KTT G-20.
5. Kemenkominfo RI. bersama seluruh stasiun TV dan media lainnya hendaknya menyiarkan dan memberi edukasi pada seluruh masyarakat agar paham dan mendukung penuh Presidensi G-20 di Bali. 

Akhirnya Kata selamat dan sukses atas Presidensi G-20 di Bali Indonesia. Sekses selalu... Jayalah Bangsaku Indonesia, Jayalah Negeri Nusantara Indonesia.

Salam Kasih dan Hormat
Riyo E.Nababan/ASK

Posting Komentar

0 Komentar