Capres PDI Perjuangan Bakal Diumumkan Juni 2023

Jakarta,Suaraperjuangan.id - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, kembali buka suara tentang capres yang diusung partainya kelak. Dalam forum diskusi, ia menjawab pertanyaan dari pengajar fisipol UGM yang menanyakan waktu pendeklarasian capres dari PDI Perjuangan. Hasto memberikan jawaban pengumuman capres yang diusung oleh PDI Perjuangan akan dilakukan pada bulan Juni tahun depan, dalam jawabannya ia juga menjelaskan panjang lebar mengenai alasan tidak terburu-buru partainya dalam menentukan capres yang akan diusung. 

Dalam penuturannya, Hasto menyampaikan bagaimana kriteria capres yang akan diusung partainya. Bak memberikan clue dari salah satu kadernya, Hasto menyebutkan tipe ideal capres usungan PDI Perjuangan. Yang pertama tentu kemampuan seorang pemimpin yang akan membawa Indonesia membumbung tinggi ke tingkat dunia. Kemudian sosok pemimpin yang berideologis, memiliki kemampuan teokratis dan tentunya mempunyai trek record yang panjang dan kuat adalah beberapa kriteria capres yang dilontarkannya. 

PDI Perjuangan cenderung lama dalam mengumumkan capres yang diusungnya, karena saat ini fokus partai merah itu untuk memulihkan kondisi perekonomian negara. Sinambi mengatasi krisis ekonomi yang juga melanda beberapa negara di dunia, PDI Perjuangan juga mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan pencapresan. Salah satunya mempersiapkan rancangan gabungan partai politik untuk menjalankan pemerintahan yang efektif. 

Hal tersebut perlu dimatangkan, karena seperti yang lalu pada pilpres 2014, saat capres usungan PDI Perjuangan berhasil menjadi presiden dan wakil presiden negeri ini, terjadi bencana politik yang mengakibatkan kurang efektifnya waktu kepemimpinan. Hal itu bisa terjadi ketika Jokowi-JK memerlukan 1,5 tahun hanya untuk memberdayakan kekuasaan akibat parlemen dikuasai parpol nonpendukung.

Saat itu ketua umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, mengumumkan capres dan cawapres usungannya kurun waktu 3-4 bulan sebelum pilpres. Jadi Hasto menilai wajar jika pendeklarasian capres dan cawapres 2024 dilakukan PDI Perjuangan pada bulan Juni 2023 nanti.(Red)

Posting Komentar

0 Komentar