Kemana Dewan Pers,Yopi Zulkarnain : Jangan Hanya Membuat Peraturan Dan Mengekang

Lampung,Suaraperjuangan id - Dewan Pers Tutup Mata terkait peristiwa-peristiwa yang yang ditemukan oleh wartawan di lapangan, yang selalu kepanasan, kehujanan, mendapat hujatan, cibiran, mendapat perkataan yang tidak pantas, kriminalisasi, serta yang lain-lainnya, yang mengancam nyawa para wartawan.

Yopi Zulkarnain mengatakan, Sudah banyak kejadian-kejadian terhadap wartawan-wartawan, tetapi Dewan Pers tidak ada sama sekali yang namanya pendampingan, melindungi, serta yang lain-lainnya. Apakah Dewan pers tersebut hanya bisa membuat peraturan-peraturan yang diduga tidak penting bagi wartawan.

"Peraturan-peraturan yang dibuat atau dibikin oleh dewan pers hanya membuat wartawan-wartawan terkekang dengan peraturan-peraturan tersebut,"

"Salah satu contoh, peraturan dalam merekrut wartawan yang harus tamatan SMA. Banyak Wartawan yang bukan lagi lulusan SMA, tetapi S1 atau S2, tetapi dalam menjalankan tugas kejurnalisan yang hanya tamatan SD, SMP atau yang tidak sekolah sama sekalipun bisa mengalahkan orang-orang yang Sekolahnya lebih tinggi dari itu," 

"Adalagi, seperti yang dianjurkan oleh dewan pers, setiap wartawan harus UKW. Tetapi banyak wartawan-wartawan yang tidak UKW, Lebih pintar dalam menjalankan Tugas kejurnalisan, dalam pembuatan berita, dan dalam segala hal," Lanjutnya

"Saya rasa, peraturan-peraturan tersebut tidak usah diadakan. Karena peraturan tersebut akan membuat wartawan kesusahan dan tertekan, dan menimbulkan ketidak percayaan terhadap dewan pers,"

"Yang harus dilakukan dewan pers tersebut, bagi saya simple aja. Lindungi wartawan-wartawan dalam menjalan Tugas mereka, jangan beri peraturan-peraturan yang mengekang, karena Tampa wartawan, dewan pers tidak akan ada, dan  jangan pernah benturkan semua wartawan dengan ikatan-ikatan yang tidak ada gunanya," Ucapnya.

"Buktikan kalau dewan pers itu ada dan buktikan kalau dewan pers itu mengayomi wartawan-wartawan dalam menjalankan tugas kejurnalisan, dampingi wartawan setiap ada permasalahan. Jangan hanya membuat peraturan-peraturan yang mengekang wartawan," Tegas Yopi
( Red )

Posting Komentar

0 Komentar