Bupati Taput Drs.Nikson Nababan,M.S.i Diskusi terbuka dengan AMAN dalam Pengelolaan Tanaman Kemenyan

Taput,Suaraperjuangan.id - Bupati Tapanuli Utara Drs.Nikson Nababan, M.Si didampingi Pimpinan Perangkat Daerah Diskusi terbuka dengan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) mengenai Petani dalam Pengelolaan Tanaman Kemenyan bertempat di Rumah Dinas Bupati Sopo Rakyat, (Sabtu 12/03/2022.

Dalam Kesempatan diskusi terbuka tersebut Bupati Tapanuli Utara menjadi Narasumber untuk memberikan Pengerahan kepada Para Petani Kemenyan.
Petani kemenyan yang hadir dalam diskusi tersebut berasal dari Kecamatan Parmonangan, Adiankoting, Garoga, Pangaribuan dan Pahae.

"Diskusi Ini sudah tepat, dimana para petani hadir untuk diskusi kepada saya langsung, saya apresiasi Kedatangan AMAN dan Petani Kemenyan untuk berdiskusi secara terbuka," ucap Bupati mengawali sambutannya.

Kemenyan merupakan salah satu Komoditi Unggulan yang ada di Tapanuli Utara sehingga Perlunya Keseriusan para petani untuk mengembangkannya.
"Saya sebagai Kepala Daerah saya akan mendengarkan dan menampung keluhan para petani Kemenyan sehingga saya berusaha keras untuk melakukan yang terbaik untuk ini.
Yang pertama saya lakukan kepada para petani dimulai dengan membuka akses jalan dulu sehingga saya memprioritaskan Infrastruktur agar para petani nantinya tidak susah untuk mengangkat hasil pertaniannya.
Mengenai harga kemenyan mari kita bekerja sama dan kompak untuk hal ini. Nantinya karena ada Asosiasi kita dapat bersinergi untuk mempromosikan kemenyan melalui Aplikasi Online yang sedang kita kembangkan yaitu Aplikasi Buka Lapo. Disitu kita dapat mengupload kemenyan dan memberikan harga sehinggal tengkulak tidak lagi mempermainkan harga," tambah Bupati Nikson Nababan.

"Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara tetap mendukung para petani kemenyan dan saya juga sampaikan rasa bangga saya karena mau berdiskusi secara terbuka untuk kepentingan masyarakat Tapanuli Utara," ucap Bupati Taput mengakhiri.

Pada kesempatan sebelumnya, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara yang langsung dihadiri oleh Roganda Simanjuntak menyampaikan bahwa kehadiran AMAN dan Petani Kemenyan untuk membahas Pengelolaan Komoditi kemenyan.
"Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Tapanuli Utara telah menerima kami untuk berdiskusi mengenai Tanaman Kemenyan," ujar Roganda simanjuntak.

Selanjutnya Roganda Simanjuntak menyampaikan harapannya untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada Petani Kemenyan agar mandiri untuk bertani. "kemenyan merupakan Komoditi yang sangat berpengaruh dalam mensejahterakan masyarakat Tapanuli Utara terlebih kemenyan sudah di tanam dari dulunya untuk mensejahterakan petani kemenyan," ucap Roganda Simanjuntak mengakhiri.

Setelah acara diskusi terbuka Bupati Taput, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara dan Petani Kemenyan menikmati makan siang bersama.(Riyo E.Nababan)

Posting Komentar

0 Komentar