Marlin Agustina Rudi Tantang Chef di Kepri Kembangkan Kuliner Tradisional Khas Melayu Ke Tingkat Internasional.


Batam,Suaraperjuangan.id- Marlin Agustina Rudi  wakil Gubernur terpilih Kepulauan Riau yang juga Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Batam,menantang para Chef Kepulauan Riau mengembangkan kuliner tradisional khas Melayu.


"Kita harus mempunyai cita-cita,namun semuanya  itu butuh kerja sama semua pihak termasuk para Chef yang ada di Kepulauan Riau", tegasnya.

Lanjut Marlin,Masih banyak kuliner tradisional di Kepulauan Riau  yang belum terangkat,jadi ini semua sangat butuh sentuhan para Chef -chef yang andal dan menjadi suatu tantangan agar kuliner tradisional khususnya ke Pulauan Riau bisa mendunia,kata Marlin saat  menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) di Hotel Zia, Seipanas, Kota Batam,Kepulauan Riau, Kamis (14/1/2021).

Karena itu,Wakil Gubernur Kepri Terpilih tersebut mengajak semua pihak termasuk Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) Kepulauan Riau bekerja sama dalam mengembangkan semua kuliner khas daerah yang ada di Kepulauan Riau ini,dan sudah menjadi wajiban untuk para Chef untuk  mengenalkan kuliner asli daerah Kepulauan Riau.



"Sektor kuliner ini bisa menjadi potensi yang sangat besar, Sehingga kita akan terus berupaya mengembangkan kuliner sabagai kekuatan ekonomi ke depannya,apalagi saat di masa pandemi Covid -19,Ketua Tim Pengerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga( TP- PKK) mengatakan pihaknya juga  melatih para ibu-ibu untuk memanfaatkan potensi di bidang kuliner yang ada di Kepulauan Riau".

“Alhamdulillah, dengan pelatihan yang kita lakukan, sudah banyak ibu-ibu yang punya keterampilan memasak dan  sudah banyak mulai membuka usaha sendiri," ujarnya.

Tambah Marlin,Dia juga berpesan agar para pembina Chef juga memiliki tekad dan memberikan pelatihan bagi masyarakat agar terus mengembangkan kemampuan di bidang kuliner,terutama bagi Chef yang sudah bekerja di restoran dan hotel agar dapat menonjolkan kuliner Khas Melayu.

"Karena di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung,karena itu kita semua harus bangga dengan kuliner asli  Khas Melyu di daerah ini",imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam  Ardiwianata, mengatakan sangat mendukung apa yang disampaikan ketua Tim Pengerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) tersebut.Ardi  mengaku, kuliner Tradisional Khas Melayu di Kepulauan Riau  banyak yang sudah tak dikenal lagi. Maka dari itu, upaya yang dilakukan  Wakil Gubernur terpilih Marlin Agustina Rudi sangat sejalan dengan Disbudpar.

Karena bagi para wisatawan jika berpergian ke daerah pasti akan mencari dan mencicipi masakan khas daerah tujuanya,



Ardi pun mengatakan  jika kuliner tradisional mampu tampil menarik dan enak, akan menjadi daya tarik,karena banyak wisatawan berwisata kuliner namun masih minim lokasinya dan  menu tradisional yang disajikan,tekad Pemerintah sejalan dengan visi misi Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI). 



Ketua Umum Perkumpulan Chef Profesional Indonesia  (PCPI)Pimpinan  Pusat, Chef Bambang Nurianto, menyampaikan keberadaan Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) untuk menjadi organisasi  yang profesional dalam melestarikan dan mengembangkan sumber daya Kuliner  di Indonesia serta mampu berkiprah ke dunia Internasional.

"Perkumpulan Chef Ptofesional Indonesia(PCPI)berkomitmen untuk bersinergi dengan Pemerintah dalam melaksanakan program-programnya, untuk  mempertahankan khazanah kuliner nusantara bersama para ahli dan pelaku kuliner Indonesia untuk mengangkat warisan budaya kuliner Ke Pulauan Riau",ujarnya.

Sebagai pendiri Perkumpulan Chef Profesional Indonesia(PCPI), Bambang pun meminta kesemua pengurus dan anggota dapat berkoordinasi dengan pemerintah, instansi terkait di provinsi maupun di kabupaten dan kota. Ia juga memotivasi anggota Perkumpulan Chef Profesional Indonesia(PCPI) percaya diri dengan kuliner lokal.

"Saya percaya kuliner Indonesia lebih baik dibanding kuliner dari luar,"ujarnya.

Sebab itu, Dewan Pembina Dewan Pimpinan Daerah (DPD)Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) Kepulauan Riau Diana Martina, menyampaikan keberadaan Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) di Kepulauan Riau
selama dua bulan belakangan ini sudah melaksanakan  event dan merangkul pelaku  Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)dalam memberikan cara mengukir buah-buahan untuk disabilitas hingga membangun usaha sendiri.


"Saat itu juga dilakukan penyerahan hasil Musyawarah Daerah (Musd) kepada Ketua Umum Perkumpulan Chef Profesional Indonesia  (PCPI) Pimpinan Pusat sekaligus melantik pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD)Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) Kepulauan Riau.Hasil dari Musyawarah Daerah  (Musda) tersebut, Chef Sapuri terpilih untuk menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) Kepulauan Riau periode 2021-2026".(Redaksi)

Posting Komentar

0 Komentar