HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Infomarsi

Pesan Kesbangpol : KAJI Unit DPRD Sumut Buat Program Bermanfaat Bagi Masyarakat

Kesbangpol Provinsi Sumut melakukan survei ke Sekretariat KAJI Unit DPRD Sumut
Medan (SP) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumut melakukan survei kelayakan sekretariat Komunitas Aksi Jurnalis Independen (KAJI) Unit DPRD Sumut di Gedung DPRD Sumatera, Jalan Imam Bonjol Nomor 5, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Jumat pagi (15/6/2019) sekitar pukul 08.30 WIB.

Survei yang dilakukan oleh dua petugas Kesbangpol Provinsi Sumut, yakni Sri Dewi Handayani S.Sos dan Rimmaida Sihombing tersebut guna mengecek langsung keberadaan sekretariat dengan memverifikasi langsung beberapa item, seperti papan nama, jumlah personil, jenis dan jumlah sarana prasarana, aktifitas KAJI Unit DPRD Sumut serta hal-hal lain yang mereka anggap penting.

"Hari ini kami datang untuk survei, mau ngecek langsung keberadaan sekretariat KAJI Unit DPRD Sumut," ungkap Sri.

Lebih lanjut, Sri menjelaskan jika saat ini Kesbangpol Provinsi Sumut tidak lagi dapat mengeluarkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) untuk organisasi kemasyarakatan (ormas) atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Namun, kunjungan mereka tersebut sangat penting untuk memberi rekomendasi ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 56 tahun 2017, tentang pengawasan organisasi kemasyarakatan dilingkungan kementrian dalam negeri dan pemerintah daerah.

"Sekarang Kesbangpol Provinsi Sumut tidak mengeluarkan SKT lagi, udah di pusat sekarang. Namun, rekomnya tetap dari Kesbangpol Provinisi Sumut," terang Sri sembari berpesan kepada pengurus KAJI Unit DPRD Sumut, agar ke depan aktif menggerakkan organisasi, dengan terobosan program yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Secara terpisah, Ketua KAJI Unit DPRD Sumut, Budiman Pardede S.Sos, menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kunjungan tim survei Kesbangpol Provinsi Sumut ke sekretariat mereka. Dengan kehadiran tim survei, menambah semangat baru bagi para pengurus untuk menggerakkan roda organisasi yang sah mengikuti aturan yang berlaku di Republik Indonesia.

"Terimakasih tim survei sudah datang melakukan tinjauan ke sekretariat KAJI Unit DPRD Sumut. Inilah sekretariat kami," ungkap Budiman.

Lebih lanjut, Budiman mengatakan bahwa, survei ini merupakan salah satu tahapan agar KAJI Unit DPRD Sumut dapat menjadi lembaga resmi yang terdata oleh pemerintah Indonesia.

Diketahui, kedatangan tim survei yang diterima oleh Wakil Sekretaris KAJI Unit DPRD Sumut, Prasetiyo S.I.Kom, Bendahara KAJI Unit DPRD Sumut, Sozato Gea dan Wakil Bendahara KAJI Unit DPRD Sumut, Amsari, berdasarkan permohonan yang diajukan oleh pengurus dengan nomor surat 0275/KAJI-DPRDSUMUT/E/II/2019, tanggal 14 Februari 2019 lalu.

Diakui dan telah berbuat

Sejak didirikan 26 Januari 2017 silam, KAJI Unit DPRD Sumut sudah dikukuhkan melalui akta notaris di Medan Nomor 30 tanggal 13 April 2017 dan akta perubahan Nomor 83 tanggal 26 Agustus 2017. KAJI Unit DPRD Sumut adalah satu-satunya organisasi profesi wartawan yang diakui di DPRD Sumut. Hal ini juga berdasarkan surat keterangan keberadaan KAJI Unit DPRD Sumut nomor 331/18/Sekr, tanggal 7 Februari 2019 dan ditandatangani langsung oleh Sekretaris DPRD Sumut, H. Erwin SH, MM.

Sebelum menyentuh pengurusan SKT ormas, KAJI Unit DPRD Sumut sudah aktif melakukan berbagai macam kegiatan positif, dan bermanfaat bagi masyarakat di daerah Kota Medan. Kegiatan-kegiatan tersebut adalah Panel Diskusi Bedah Sumut Pengalihan SMA/SMK ke Provinsi sesuai UU No 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah bertepatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2017 di Aula Martabe kantor Gubsu, aksi sosial Idul Fitri 1438 H dengan menyantuni, memberi sembako dan berbuka puasa bersama 106 anak yatim piatu Panti Asuhan Alwasliyah di Jalan Pinang Baris Medan Sunggal, Minggu 18 Juni 2017.

Selain itu, KAJI Unit DPRD Sumut juga merayakan Natal dengan 100 Narapidana (warga binaan) di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas I Tanjung Gusta Medan, Senin (11/12/2017) pukul 13.00 WIB. Saat merayakan Natal di dalam LP Tanjung Gusta, KAJI Unit DPRD Sumut menyalurkan bantuan paket Natal kepada 100 Narapidana berupa odol gigi, sabun mandi, sikat gigi, mie instan dan roti. Aksi Bakti Sosial ke Panti Jompo Harapan Jaya Jalan Platina Raya Lorong 36 Titi Papan Medan Marelan, Sabtu 27 Januari2018) pukul 14.00 WIB. Acara itu menjadi momentum syukuran saat Hari Ulang Tahun (HUT) I KAJI Unit DPRD Sumut yang jatuh pada 26 Januari 2018.

Menyambut Hari Raya Imlek 2569 tanggal 16 Februari 2018, KAJI Unit DPRD Sumut juga menyalurkan paket tali asih terhadap 50 orangtua Lansia di sana. Setiap paket berisi minyak kayu putih, roti, handuk dan perlengkapan mandi. Ada pula bantuan untuk keseluruhan panti berupa 10 karung beras, air mineral bahkan kue-kue ringan. Lalu, 2 Mei 2018 saat Hari Pendidikan Nasional, KAJI juga melakukan sosialisasi bahaya Narkoba ke SMAN 5 Medan, dan disusul di kampus UPMI Medan pada Sabtu 12 Mei 2018, sebagai bentuk kepedulian nyata jurnalis dan anak bangsa terhadap bahaya peredaran gelap/penyalahgunaan Narkoba.(reza/rel)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *