HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Infomarsi

55 Relawan Demokrasi Pemilu KPU Deli Serdang Bimtek, Ini Tujuannya

Relawan Demokrasi Pemilu KPU Kabupaten Deli Serdang bersama Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Deli Serdang seusai Bimtek
Deli Serdang (SP) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deli Serdang mengajak 55 Relawan Demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) terpilih, Bimbingan Teknis (Bimtek) di Wing Hotel Deli Serdang pada Sabtu (19/1/2019).

Acara yang dimulai sejak pukul 08:00 Wib ini bertujuan agar 55 Relawan Demokrasi Pemilu terpilih ini dapat lebih memahami apa tujuan dan tugasnya.

Ditambah lagi, ditahun 2019 ini, tantangan sosialisasi dan pendidikan pemilih pada pemilu semakin kompleks. Karena penyelenggaraan pemilu, pemilih akan berhadapan dengan 5 jenis surat suara di TPS.

"Butuh kecermatan pemilih untuk memastikan tata cara pemberian suara yang benar di tempat pemungutan suara atau TPS, sosialisasi dan pendidikan pemilih yang lebih masif dan intensif juga dibutuhkan untuk menurunkan angka suara tidak sah atau invalid vote dalam pemilu. Ini merupakan tugas kita semua," ujar Boby Indra Prayoga, Kordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, KPU Kabupaten Deli Serdang dihadapan 55 Relawan Demokrasi Pemilu, KPU Deli Serdang.

Kata Indra Prayoga, ada beberapa penyebab menurunnya partisipasi masyarakat (Parmas) pada Pemilu, diantaranya jenuh dengan frekuensi penyelenggara Pemilu yang tinggi."Lalu ketidakpuasan atas kinerja sistem politik yang tidak memberikan perbaikan kualitas hidup serta melemahnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya Pemilu sebagai instrumen transformasi sosial dan lain sebagainya. Untuk itu peran kita (Relawan) harus memberikan pemahaman kepada masyarakat," tambah Boby.

Adapun tujuan dari (Relawan Demokrasi Pemilu KPU Kabupaten Deli Serdang) yaitu Meningkatkan kualitas proses pemilu, Meningkatkan partisipasi pemilih, Meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi, Membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokratisasi.

"Semoga dengan dibentuknya Relawan Demokrasi Pemilu KPU Kabupaten Deli Serdang, partisipasi masyarakat terhadap Pemilu semakin meningkat dan berkualitas," terangnya.

Diketahui, Relawan Demokrasi Pemilu KPU Kabupaten Deli Serdang ini nantinya dibagi dalam beberapa Segmen (Basis). KPU Kabupaten Deli Serdang membagi dalam 10 sasaran.

1. Basis Keluarga yaitu Arisan Keluarga atau Marga dan sebagainya, 2. Basis Pemilih Pemula yaitu sasaran sosialisasi ke Siswa SLTA/Sederajat, 3. Basis Pemilih Muda yaitu   pemilih muda yang berusia 22-30 tahun, 4. Basis Pemilih Perempuan, 5. Basis Pemilih Disabilitas yaitu penyandang disabilitas, 6. Pemilih berkebutuhan khusus yaitu pemilih yang diwilayah perbatasan, 7. Basis Pemilih Marginal, 8. Basis pemilih Konunitas, 9. Basis pemilih keagamaan dan, 10. Basis pemilih warga internet.(reza)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *