HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Infomarsi

Berkas Perkara Kadis Perhubungan Samosir Belum Lengkap, Polda Sumut Gelar Rekontruksi

Medan (SP) - Hingga kini, pihak Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) terus berupaya untuk melengkapi berkas acara pemeriksaan (BAP) atas terduga tersangka Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Samosir berinisial NS dan nakhoda sekaligus pemilik KM Sinar Bangun, PSS, Kepala Pos Pelabuhan Simanindo, Kabupaten Samosir, GFP, Kepala Bidang Angkutan Sungai dan Danau Perairan (ASDP) Kabupaten Samosir, RS dan anggota Kapos Pelabuhan Simanindo, KS.

"Iya, sampai saat ini kita (kepolisian) terus berupaya melengkapi berkas perkara insiden KM Sinar Bangun yang tenggelam diperairan Danau Toba. Kita baru selesai menggelar rekontruksi perkara di Samosir dihadiri penyidik Polda Sumut dan pihak Kejaksaan," ungkap Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja SIK melalui Kasubbid Penmas AKBP M.P Nainggolan SH MH ketika dikonfirmasi wartawan di Mapolda Sumut pada Rabu (15/8/2018) siang.

Sebelumnya, Polda Sumut telah melimpahkan berkas perkara atas lima terduga tersangka yang terlibat dalam insiden tenggelamnya KM Sinar Bangun. Namun belum dinyatakan lengkap (P-19) oleh pihak Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

"Rekontruksi ini untuk kelengkapan berkas juga, nanti hasil dari rekontruksi akan dikirim ke Kejaksaan. Semoga saja cepat dinyatakan lengkap oleh pihak Kejasaan (P-21)," sambung AKBP M.P Nainggolan.

"Untuk perkara ini para terduga tersangka dipersangkakan melanggar Pasal 302 dan/atau 303 UU Nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran Jo Pasal 359 KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara dan denda sebesar Rp 1,5 miliar," terangnya.

Sebagaimana diketahui, Kapal kayu KM Sinar Bangun mengangkut ratusan penumpang tenggelam sekitar 1 mil dari dermaga Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin (18/6) sekitar pukul 17.30 WIB.KM Sinar Bangun mengalami musibah akibat pengaruh cuaca buruk berupa angin kencang dan ombak cukup besar.

Informasi yang diterima, tercatat 21 orang penumpang KM Sinar Bangun ditemukan selamat dan tiga orang meninggal dunia, serta 164 penumpang lainnya dinyatakan hilang.(reza)

Teks foto : AKBP M.P Nainggolan SH MH

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *