HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Infomarsi

250 Pelajar di Labuhanbatu Ikuti Napak Tilas, Ini Kata Kadispora Labuhanbatu

Labuhanbatu (SP) Salvo dari empat orang personil Kodim 0209/LB, mengiringi langkah 250 orang peserta napak tilas yang akan menempuh rute gerilya perjuangan pahlawan yang dilepas dengan kibaran bendera Merah Putih oleh Kadispora Kabupaten Labuhanbatu, dari tugu juang 45 Lobusona Rantauprapat, tepatnya pada Senin (13/08/2018) sekira pukul 08:30 Wib.

Kadispora Labuhanbatu Ade huzaini SE dalam pidato kata sambutannya, pelaksanaan napak tilas dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Ke-73 RI guna mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Napak tilas ini diselenggarakan Pemkab Labuhanbatu bekerjasama dengan Dispora Budpar, yang di ikuti oleh 250 orang pelajar dari 22 SMA/SMK se-Kabupaten Labuhanbatu, dan diharapkan kepada para pelajar untuk dapat mengenang kembali perjuangan para pahlawan Kemerdekaan RI,"katanya.

Kegiatan napak tilas tersebut diharapkan dapat mengingatkan kembali dan mengenang perjalanan pejuang bangsa, memahami nilai-nilai pancasila, serta membangkitkan ruh para pejuang agar dapat bersemayam pada diri para pelajar untuk membangun semangat guna menuju Kabupaten Labuhanbatu hebat dan sejahtera.

Dandim 0209/LB Letkol Czi Denden Sumarlin, SE yang diwakili Pabung Labura Kodim 0209/LB Mayor Inf H. Syamsul A Harahap dalam kesempatannya mengatakan, kegiatan napak tilas tersebut untuk memperkenalkan para pelajar di Labuhanbatu, rute perjalanan para pejuang untuk merebut kemerdekaan, khususnya Kemerdekaan masyarakat Labuhanbatu.

"Apa yang kita lalui saat ini belum seberapa jika dibandingkan dengan para pejuang kita terdahulu saat merebut Kemerdekaan pada tahun 1945, rela berkorban harta dan nyawa demi bangsa Indonesia, kemudian pada tahun 1945 sampai dengan 1949 rakyat Indonesia kembali berjuang demi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia," jelas Inf H. Syamsul.

Lebih lanjut Pabung menjelaskan, kepada para pelajar pemegang bangsa Indonesia kedepan, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, tugas kita sekarang adalah mengisi Kemerdekaan dengan hal-hal yang positiv, demi kemajuan Negara Republik Indonesia kedepan.

Disisi lain H. Syam Hasri yang merupakan perwakilan dari Dewan Harian Cabang (DHC) Angkatan 45 saat menyampaikan sejarah singkat tugu juang 45 mengatakan, tugu juang 45 merupakan tempat berkumpulnya para pejuang yang ada di Labuhanbatu untuk berdiskusi, sekaligus tempat untuk menetapkan Bupati Labuhanbatu yang pertama.

Sementara perwakilan dari Legiun Veteran Republik Indonesia LVRI Labuhanbatu Purn. J. Manik menyebutkan LVRI merupakan suatu lembaga veteran yang sudah disahkan oleh Negara, dan kepada para pelajar sebagai generasi penerus harus mengerti sejarah bangsa, terutama sejarah yang ada di Labuhanbatu.

Sebelumnya, para peserta napak tilas telah dilepas oleh Sekretaris Daerah Ahmad Muflih SH, MM dari lapangan Ika Bina Rantauparapat menuju tugu juang 45, dalam arahannya beliau mengatakan, kirab napak tilas ini merupakan salah satu bagian dari menelusuri sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia, dan guna menanamkan nilai-nilai perjuangan untuk melawan era globalisasi yang semakin berkembang saat ini. Tembakan Salvo Personil Kodim 0209/LB Iringi Langkah Peser.(hendro)

Teks foto : Para Pelajar mengikuti Napak Tilas

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *