HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Infomarsi

PKK Labuhanbatu Gelar Pelatihan Bilal Mayit

Labuhanbatu (SP) -Tingkatkan pengetahuan religi, Dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak bekerja sama PKK Labuhanbatu memberikan Pelatihan bilal Mayit dan Sholat Jenazah bagi kaum hawa (wanita) di Aula kantor PKK Jalan Wr, Supratman Rantauperapat pada Senin (30/7/2018) siang. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih  kaum hawa agar mengerti Fardhu Kifayah.

Kepala dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kabupaten Labuhanbatu Dra, Hj, Ernida Rambe, MM
Menyampaikan dalam kata sambutannya."Terima kasih kepada ibu ketua team PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj, Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe
yang telah mendukung penuh acara pelatihan bilal mayit dan sholat jenazah bagi kaum hawa dan mendukung program pemerintah Kabupaten Labuhanbatu," katanya.

Uapan terima Kasih juga disampaikannya kepada para tamu undangan yang sudah hadir di pelatihan ini semoga kita semua dapat mengambil ilmu dari acara kita hari ini dan bermanfaat bagi Kita semua.

"Karena menurut saya ini sangatlah perlu dan penting kita ketahui, tidak menutup kemungkinan kita semua pasti merasakanya," tutup Ernida.

Senlmentara Ketua TP PKK kabupaten Labuhan Batu Hj, Rosmanidar Andi Suhaimi menyampaikan."Bahagia rasanya bertatap muka dengan ibu ibu pada hari ini,  di mana ini merupakan hari pertama saya mengawali kegiatan Sebagai Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Labuhan Batu Sekaitan dengan telah di tetap kannya Bapak Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT Sebagai Pelaksana Tugas Bupati Labuhan Batu," terangnya.

"Menurut saya, acara pelatihan ini bertujuan agar Kita tetap tau tata cara fardhu kifayah dan dengan maksud untuk memohon rahmat, ampunan dan syafa'at untuk mayit itu sendiri, banyak Dalil yang kuat menjelaskan bahwa semakin banyak yang mensholatkan semakin besar harapan dan keyakinan kita atas ampunan Allah terhadap Si mayit," tambahnya.

Di katakan ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Labuhan Batu bahwa Islam menganjurkan umatnya agar selalu ingat akan mati.

"Islam juga menganjurkan umatnya untuk mengunjungi orang yang sedang sakit serta menghibur dan mendoakannya dan apabila seseorang telah meninggal hendaklah seseorang dari mahrom nya yang paling dekat dan sama jenis kelaminnya melalukan kewajiban yaitu memandikan, mengkafani, mensholat kan dan menguburkannya," ungkapnya.

Pelaksanaan fardhu kifayah dan sebelum memandikan Si mayit, ada beberapa cara untuk yang harus di lakukan di antaranya yaitu, 1. Kamar mandi di lengkapi dengan tirai agar jangan terbuka, 2. Air mutlaq secukupnya (tong atau 2 ember besar) dan gayung, 3. Air sabun, air kapur barus dan air jeruk Purut secukup nya, 4. korek kuping, terbuat dari kapas atau Kain, 5 . Handuk dan Kain panjang untuk mengelap Mayit setelah mandi dan Kain panjang menutupnya,6. menyiapkan Kain kafan (penutup badan Mayit) terdiri dari Kain kafan 3 lembar, Baju (gamis) cawat, sorban, ijer atau kain bawah mukenah dan telukung masing masing 1 lembar, di perhitungkan  untuk jenazah laki laki umumnya 13 meter dan Perempuan 15 meter.

Dilokasi yang sama Kepala bidang  Perlindungan hak perempuan dan perlindungan khusus anak Dinas  perlindungan pemberdayaan perempuan  dan perlindungan anak kabupaten labuhan batu Hj. Tuti Noprida Ssi, Apt., M. M.
Menyampai kan dan mengharap kan agar kegiatan ini tetap berlanjut bagi kader kader PKK dan dasawisma yang belum dapat hadir pada kegiatan kali ini.

Acara pelatihan ini di hadiri oleh Kadis P3A Kabupaten Labuhan Batu, Ketua Team PKK Kabupaten labuhan batu dan  masing masing desa atau kelurahan.(hendro)

Teks foto : saat pelatihan

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *