HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Infomarsi

Dwi Indrawati : Setiap Ruangan Kelas Wajib Diisi 32 Siswa. Bagaimana SMPN 2 Tamora?

Deli Serdang (SP) - Dra Hj Dwi Indrawati Mpd, Kasi peserta didik pembangunan karakter pada Bidang pembinaan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang kepada wartawan menegaskan bahwa setiap lokal/ruang di SMP Negeri harus diisi dengan 32 siswa.

Hal itu ditegaskan Dwi ketika ditemui wartawan diruangan kerjanya pada Senin (23/7/2018) sekira pukul 13:30 Wib.

"Sudah ada dalam undang-undang bahwasanya setiap satu ruangan wajib diisi dengan 32 siswa, tidak boleh lebih," ungkapnya.

Apa bila berlebih, maka kepala sekolah (Kepsek) melanggar aturan, bahkan murid ataupun orang tua murid juga akan mengalami kerugian.

"Apabila lebih dari 32 siswa, maka siswa yang urutan ke 32 dan seterusnya tidak akan terdaftar di Dapodik dan tidak terdaftar di Dana BOS. Sedangkan untuk kepsek, itu juga ada aturannya," tegasnya.

4 Jalur Mendaftar Melalui Sistem PPDB Online Tingkat SMP

Dwi menerangkan bahwa untuk mendftarkan siswa di Kabupaten Deli Serdang ada empat jalur yang harus dilakui berdasarkan Kuota (kapasitas) dan daya tampung dari ruangan sekolah. Diantaranya melalui reguler, prestasi, keluarga tidak mampu dan jalur alasan khusus.

"Misalnya daya tampung sekolah 288 siswa, maka 70 persen melalui jalur regular, 10 persen prestasi, 10 persen jalur Surat Keterangan Tidak Mampu dan 10 persen alasan khusus," ungkap Dwi menambahkan.

Untuk jalur prestasi, peserta harus mendaftar diri dengan lampiran sertifikat tambahan akademik maupun non akademik. Peserta juga harus mendaftarkan diri melalui jalur prestasi dengan tambahan sertifikat.

"Sedangkan melalui keluarga tidak mampu, peserta harus mendaftar melalui jalur keluarga tidak mampu dengan melampirkan SKTM dari Kepala Desa, Camat dan Dinas Sosial," tuturnya.

Kemudian, lanjut Dwi, jika keluarga peserta sedang dalam pindah tugas. Maka siswa/peserta bisa mendaftar melalui jalur alasan khusus.

"Iya kalau keluarga peserta dalam keadaan pindah dinas/kerja ataupun faktor terkena bencana alam. Maka peserta bisa mendaftar melalui jalur alasan khusus," terang Dwi.

"Dari keseluruhan jalur itu, peserta juga akan diberi nilai tambahan berdasarkan zonasi (jarak rumah kesekolah dihitung dari desa," ungkapnya.

Ketika ditanya wartawan untuk SMPN 2 Tanjung Morawa, apakah disana sudah sesuai aturan? Apakah disana memang benar siswa yang diterima sesuai dengan aturan?

Mendengar hal itu, Dwi mengaku tidak mengatahui detailnya. Tapi setiap ruangan wajib diisi 32 siswa.

"Kalau untuk data saya tidak pegang, itu harus buka data dulu berapa siswa yang diterima jalur regular, prestasi, keluarga tidak mampu maupun jalur alasan khusus," ujar Dwi menjelaskan.(reza/rian)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *